Tuesday, January 15, 2013

cakram-rem
Rem pada kendaraan bermotor merupakan alat yang sangat vital,akibat dari tidak berfungsinya alat ini bisa menyebabkan kecelakaan.
Ada dua macam sistem rem yang di gunakan untuk saat ini yaitu menggunakan rem cakram dan rem tromol.Motor baru tentunya juga menggunakan teknologi yang baru juga di samping tampilannya lebih bagus dan keren fungsi pengeremannya pun lebih pakem.

Tahukah anda beberapa tanda bahwa rem cakram anda sudah saatnya di servis berikut ini ada beberapa tips :


Gejala-gejala awal sperti di saat mengerem terdapat bunyi-bunyi mendecit selama tuas rem ditekan ataupun diinjak, hal ini dipastikan bahwa kampas rem sudah mulai menipis dan harus diganti dengan yang baru. Namun, bunyi tersebut juga menunjukkan bahwa kampas rem sudah mengeras akibat umur pemakaian.


Selain itu, rem yang sudah aus juga bisa dirasakan ketika menarik handel rem yang semakin dalam saat ditekan. Karena kampas menipis maka piston menyisakan ruang yang lebih besar dari keadaan normal sehingga saat ditekan harus lebih dalam.

Cara lain juga dengan memeriksa kondisi minyak rem dalam lubang yang terdapat pada master rem. Jika ketinggian minyak rem di bawah standar, berarti minyak rem mengalami kebocoran atau pun minyak rem mengalir keluar dikarenakan kampas rem yang sudah menipis.


Jika kampas rem sudah menipis hingga habis, selain berbahaya juga dapat merusak cakram rem yang pasti biayanya jauh lebih besar daripada mengganti kampas rem saja.

Jika sudah mendapatkan kendala seperti ini, ada baiknya mengganti kampas rem dan juga menambah minyak rem. Tak lain untuk menjaga keselamatan diri dan sesama di jalan raya.

Tagged: , ,

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts